Ansy Lema : Nelayan Tani Ternak Merupakan Pilihan Utama Mensejahterakan Masyarakat NTT





Calon Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Yohanis Fransiskus Lema, menekankan pentingnya pembangunan NTT yang berfokus pada sektor-sektor yang langsung bersentuhan dengan kehidupan masyarakat, yaitu nelayan, petani, dan peternak.

Hal ini diungkapkan dalam unggahan instagram pribadinya @ansy.lema, sebagaimana dilansir Lintas Sumba, pada Jumat, 18 Oktober 2024.

Menurut Ansy Lema, ketiga profesi tersebut merupakan tulang punggung perekonomian NTT.

Dirinya menjelaskan bahwa selama menjabat di Komisi IV DPR RI, ia melihat langsung kondisi masyarakat NTT yang mayoritas bekerja sebagai nelayan, petani, dan peternak.

"Sejak saya duduk di Komisi IV, kebetulan Komisi IV ini adalah komisi yang menurut saya sangat NTT, Karena menyentuh mayoritas kehidupan sehari-hari masyarakat NTT yang berprofesi sebagai Nelayan, sebagai Petani dan Peternak," jelasnya.

NTT baginya bukanlah sekadar slogan. Menurutnya, kata ini menjadi semangat perjuangan dirinya selama masih menjadi DPR RI.

"Saya bilang sejak saya ada di Komisi IV NTT itu sudah saya ganti jadi Nelayan Tani Ternak. Maksudnya apa? Ini menjadi spirit perjuangan saya," jelas Ansy menambahkan.

Ia menegaskan bahwa memperbaiki nasib nelayan, petani, dan peternak adalah langkah utama untuk mengentaskan NTT dari kemiskinan.

Kata Ansy, berdasarkan data, dari sekitar lima juta penduduk NTT, 20 persen atau sekitar satu juta penduduk hidup di bawah garis kemiskinan. Mereka umumnya tinggal di pedesaan dengan profesi sebagai petani dan peternak tradisional, sementara yang tinggal di pesisir adalah nelayan.

Calon Gubernur Nomor Urut 1 itu menyatakan bahwa sektor-sektor tersebut memegang kunci dalam mengangkat kesejahteraan masyarakat NTT.

"Itulah mengapa sejak pertama kali dilantik, saya sadar sepenuhnya ingin kemudian membaktikan diri lewat Komisi IV. Karena Komisi IV ini adalah komisi yang mengurus sektor pertanian, peternakan, perkebunan, lingkungan hidup, kehutanan, juga perikanan dan kelautan,"  tandasnya.

Dengan fokus pada pengembangan sektor-sektor ini, Ansy Lema juga berharap dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih merata dan berkelanjutan, sekaligus mengatasi masalah kemiskinan yang telah lama menjadi tantangan di NTT

Artikel Pilihan

Iklan