Kampanye di Kolbano, Jane Sesalkan Program Mobil Jenasahnya Sendiri. Mengapa?




Mengisi masa kampanye menuju Pilkada 27 November mendatang, Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Nomor urut 1 yang diwakili oleh calon wakil Gubernur Jane Natalia Suryanto yang akrabnya disapa Jane, berkampanye di Kecamatan Kolbano Kabupaten Timor Tengah Selatan pada Jumad, 18/10/2024.

Kampanye yang dikemas dalam bentuk tatap muka/ pertemuan terbatas itu dihadiri oleh Sekretaris Partai Hanura NTT, Elias Koa, Calon Wakil Bupati Timor Tengah Selatan Nomor urut 1, Dr. Marten Tualaka, Mantan Anggota DPRD TTS 3 periode David I. Boimau dan sejumlah fungsionaris partai hanura lainnya dengan moderator atau MC Yeter selan.

Dalam pemaparan pokok pikiran ataupun visi dan misinya dihadapan ratusan warga Kolbano yang datang dari berbagai Desa, Jane menyinggung sebuah program yang pernah ia jalani sebagai sebuah ironi, yakni program mobil jenasah.

Jane bertutur bahwa  sejak memulai pelayanan kemanusiaannya di Provinsi Nusa Tenggara Timur 9 tahun lalu, Ia mendapat masukan dari banyak rekan pelayannya bahwa pengadaan Mobil Jenasah merupakan satu kebutuhan yang diperlukan oleh banyak masyarakat Nusa Tenggara Timur, bahkan secara politis itu bisa mendatngkan simpati masyarakat. Maka tanpa pikir panjang Jane merealisasikan itu dalam bentuk beberapa unit mobil jenasah.

Seiring perjalanan waktu, Kata Jane ia lantas merenung ; bahkan perenungan itu berujung pada penyesalan karena seolah-olah dia hanya bisa menolong orang NTT ketika sudah mati ; padahal dengan kemampuan yang ada, sebenarnya dia bisa berbuat lebih untuk melayani orang supaya tidak mati.

“Jadi Bapa-mama, ketika saya lihat mobil jenasah yang saya sumbang, hanya untuk muat banyak TKW/ TKI asal NTT yang meninggal, bahkan hanya untuk muat saudara saya dari kampung-kampung yang meninggal karena tidak mendapat pelayanan kesehatan maksimal, hati saya sedih.. saya menyesal mengapa saya hanya hadir saat orang sudah mati? Saya mestinya bisa melakukan sesuatu supaya mereka jangan mati” ujar mantan caleg PSI ini disambut decak kagum dan tepuk tangan peserta kampanye.

Sejak itu dirinya berkomitmen untuk mengembangkan pelayanannya tidak saja dengan modal mobil jenasah, tapi menyentuh sampai pemberdayaan masyarakat, diantaranya memberdayakan kader posyandu, dan pemberdayaan ekonomi kelompok perempuan dan masih banyak lagi cita-citanya untuk membuat masyarakat NTT berdaya secara ekonomi, kesehatan dsb.

Kampanya yang berlangsung sekitar 3 jam ini mendapat atensi postif dari warga Kolbano yang mengaku akan memilih Paslon No. urut 1 karena Ibu Jane sebagai satu-satunya Calon perempuan yang sangat memahami kebutuhan dasar perempuan.

Taroci Boimau, salah seorang Ibu Rumah Tangga yang ketika diwawancarai media ini disela-sela kampanye, secara antusias mengaku akan memilih paslon Nomor urut 1 karena dia sangat mengagumi Ibu Jane sebagai calon yang mewakili perempuan. “Beta nanti pilih Nomor 1 karena kami perempuan tentu dia tahu kami perempuan pu keperluan dalam rumah untuk bekin jadi program” Ujar Taroci diiyakan warga lainnya.  

Artikel Pilihan

Iklan